Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Serba Serbi Airbus A380, Pesawat Super Jumbo Yang Mendarat di Bali

buserdirgantara7
115
×

Serba Serbi Airbus A380, Pesawat Super Jumbo Yang Mendarat di Bali

Sebarkan artikel ini
Img 20230602 Wa0095

Jakarta, – Dirgantara7.com | Pesawat Airbus A380-800 milik maskapai Emirates mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Kamis kemarin. Pesawat penumpang super jumbo itu berangkat dari Dubai, Uni Emirat Arab, dan baru pertama kali melakukan penerbangan ke Tanah Air.

Hal tersebut menjadi sejarah tersendiri dan diharapkan bakal menjadi pemerkuat operasi penerbangan untuk pasar Indonesia. Gubernur Bali, I Wayan Koster, juga sempat menyambut kedatangan penumpang pesawat tersebar itu saat mendarat di Bali, Kamis Kamis (1/6/2023) pukul 16.35 Wita.

Lantas seperti apa spesifikasi pesawat super jumbo Airbus A380-800 yang pertama kali mendarat di Tanah Air itu? Simak serba-serbinya berikut ini:

Spesifikasi Pesawat Airbus A380-800 Milik Emirates

Dilansir situs resmi Emirates, Pesawat Airbus A380 memiliki sayap yang membentag hingga 79,8 meter dan total panjang badan pesawat mencapai 72,7 meter. Hal tersebut yang menjadikannya pesawat penumpang terbesar di dunia hingga saat ini.

Pesawat dengan berat antara 500 sampai 575 ton ini diklaim memiliki panjang badan sepanjang dua paus biru. Selain itu, pesawat ini juga diklaim memiliki ketinggian yang setara dengan lima jerapah.

Tak hanya dari dimensinya, Airbus merancang pesawat penumpang terbesar ini dengan rangkaian total 4 juta parts. Airbus juga menghadirkan dua pilihan mesin ke A380 yakni mesin Engine Alliance G7200 dan Rolls-Royce Trent 900.

Mesin Pesawat Airbus A380 ini juga diklaim mampu terbang dengan kecepatan 0,85 mach di 43.100 kaki dan dapat menempuh jarak 8.000 nautical miles atau setara 15.000 km dalam satu kali penerbangan.

Emirates merancang pesawat ini untuk mampu membawa beberapa kelas mulai dari 4 class ultra long-range dengan konfigurasi 484 kursi, 3 class long-range 517 kursi, 3 class ultra long-range 489 kursi, dan 2 class long-range 615 kursi.

Airbus A380 milik Emirates tak hanya menyambangi Bali. Saat ini Emirates menerbangkan pesawat ini ke 73 bandara di seluruh dunia dengan total 118 unit A380 yang mereka miliki.

Tonggak Sejarah Industri Penerbangan di Indonesia

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan kehadiran pesawat A380 Emirates di Bandara I Gusti Ngurah Rai merupakan tonggak sejarah yang membanggakan bagi industri penerbangan di Indonesia pada umumnya, serta bagi Angkasa Pura I khususnya.

“Kami berharap momentum ini dapat menjadi katalisator bagi proses recovery pariwisata dan perekonomian Bali dan juga secara nasional,” kata Emirates Country Manager untuk Indonesia Mohammad Al Attar melalui keterangan tertulis, Kamis (1/6/2023).

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menambahkan Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura I, dan Emirates telah melaksanakan asesmen fasilitas airside dan landside untuk menyiapkan kedatangan Airbus A380-800 tersebut.

“Bandara telah memenuhi spesifikasi untuk melayani penerbangan Airbus A380-800. Pergerakan penumpang dari pesawat ke terminal bandara atau sebaliknya telah disiapkan garbarata atau avio bridge dengan dua belalai untuk mengakomodasi pesawat Airbus A380-800,” ujarnya.

Kedatangan Penumpang Disambut Gubernur Bali

Sebelumnya, Pesawat Airbus A380-800 berkapasitas penumpang 605 orang itu tiba membawa penumpang dengan estimasi 482 orang, di di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6) pukul 16.35 Wita.

kedatangan pesawat terbesar di dunia ini disambut meriah menggunakan meriam air (water salute) saat mendarat di Bali, diiringi sorakan antusias penumpang di dalam pesawat maupun penumpang lain di bandara.

Pendaratan pertama pesawat A380 di Indonesia tersebut disambut oleh YM Abdulla Salem Al Dhaheri Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Republik Indonesia, bersama Orhan Abbas Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates.

Lalu ada Wihana Kirana Jaya Staf Khusus untuk Urusan Ekonomi dan Investasi Transportasi kepada Menteri Perhubungan; Ni Made Ayu Marthini Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf); Faik Fahmi Direktur Utama PT. Angkasa Pura I.

Kemudian Gubernur Bali I Wayan Koster, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau akrab disapa Cok Ace, Kadispar Bali Tjokorda Bagus Pemayun dan Zubin Karkaria, dan Chi.

“Kami sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian ini merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi yang apik,” ujar Orhan Abbas seusai menyambut kedatangan para penumpang di Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/).

Ia menjelaskan awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen Emirates pada pasar Indonesia. Serta pembuktian kerja sama yang semakin kuat dengan otoritas Bandara I Gusti Ngurah Rai dan pemerintah lokal.

“Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380. Sekaligus merespons tingginya permintaan perjalanan internasional dengan pesawat duper jumbo menjadi salah satu dari dua layanan harian ke pulau Bali,” ungkapnya.

Gubernur Bali I Wayan Koster yang turut hadir dan memberikan pengalungan bunga mengatakan sangat bahagia karena Emirates men-support pariwisata Bali.

(Red)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458