Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Polisi

SMAN 2 Bandar Lampung Gelar Rakor dengan Komite Sekolah

buserdirgantara7
199
×

SMAN 2 Bandar Lampung Gelar Rakor dengan Komite Sekolah

Sebarkan artikel ini
Img 20230914 Wa0231

Dirgantara7.com//Bandar Lampung – Sekolah Menengah Tingkat Atas Negeri 2 (SMAN-2) Kota Bandar Lampung, mengadakan rapat koordinasi dengan komite sekolah yang berlangsung di ruang TTRC SMAN 2 Bandar Lampung, Kamis (14/09/2023).

Adapun agenda dalam rakor tersebut membahas dua poin penting yaitu:
1. Laporan pertanggungjawaban kegiatan sekolah tahun pelajaran 2022/2023.
2. Persiapan rencana program kerja sekolah tahun pelajaran 2023/2024.

Laporan pertanggungjawaban (LPJ), merupakan laporan dalam bentuk dokumen tertulis yang disusun untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan dari suatu unit organisasi kepada unit organisasi lainnya yang lebih tinggi atau sederajat.

Laporan ini berfungsi sebagai bahan evaluasi terhadap seluruh proses pelaksanaan kegiatan. Begitu juga dengan Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Pembinaan Kesiswaan di SMAN 2 Bandar Lampung ini sebagai laporan pihak sekolah kepada Komite SMAN Bandar Lampung.

Dalam rapat tersebut, Kepala Sekolah SMAN 2 Bandar Lampung, Hi Hendra Putra S.Pd,M.Pd., mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus Komite Sekolah atas kehadirannya.

“Kami dari pihak sekolah SMAN 2 Bandar Lampung mengucapkan terima kasih atas kesempatannya untuk menghadiri undangan kami, mudah-mudahan kedepannya selalu seperti ini untuk memikirkan pengembangan SMAN 2 Bandar Lampung secara bersama.” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Sekolah SMAN 2 Bandar Lampung mengatakan bahwa acara ini adalah bentuk pertanggungjawaban pihak sekolah dalam melaksanakan berbagai program.

“Kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab pihak sekolah, dalam mempertanggungjawabkan program-program yang sudah dilaksanakan oleh pihak sekolah pada tahun pelajaran 2022-2023,” katanya.

Dalam laporan nya kepala SMAN 2 Bandar Lampung menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilakukan selama satu tahun berjalan terdiri dari dua hal.

“Kegiatan pertama yang terkait dengan kegiatan proses belajar mengajar (akademik), yang kedua adalah pembinaan berbagai kegiatan kesiswaan. Kedua kegiatan tersebut tidak terlepas dari kami ingin memastikan bahwa visi sekolah itu betul-betul bisa tercapai, dimana visi SMAN 2 adalah Religius, Berkarakter, Cerdas dan Inspiratif,” papar Hendra.

Untuk visi itu sendiri apakah sudah tercapai atau belum, Hendra mengatakan bahwa masih bersifat relatif.

“Jika ditanya apakah visi tersebut sudah tercapai atau belum ini masih relatif sifatnya, belum bisa kita katakan tercapai secara utuh, tetapi sebagian besar sudah bisa kita capai,” imbuhnya.

Sedangkan untuk mencapai visi misi tersebut, tidak terlepas dari program sekolah yang telah dirancang sebelumnya.

“Untuk mencapai visi misi tersebut, tentunya tidak terlepas dari program sekolah yang telah kami rancang sebelumnya, sebagai contoh dibidang kurikulum insya Allah sudah selesai kami lakukan,” tambahnya.

Sementara untuk bidang kesiswaan menurut Hendra, sifatnya adalah pembinaan-pembinaan kesiswaan.

“Untuk bidang pembinaan-pembinaan kesiswaan itu, telah kami lakukan selama satu tahun berjalan dan Alhamdulillah menghasilkan berbagai prestasi-prestasi yang cukup memuaskan, walaupun ada beberapa cabang yang tidak tercapai targetnya,” jelas Hendra.

Sementara untuk bidang sarana dan prasarana (Sarpras), Hendra Putra menerangkan bahwa kurang menggembirakan.

“Untuk bidang Sarpras ini kurang menggembirakan, disebabkan cukup banyak yang belum bisa kami lakukan karena ada beberapa pengaruh yang cukup signifikan dimana banyak orang tua murid yang tidak melaksanakan kesepakatan,” terangnya.

Sementara persoalan yang hingga kini belum ada jalan keluarnya adalah masalah tenaga pendidik (guru).

“Persoalan yang hingga kini belum ada jalan keluarnya adalah terkait guru atau tenaga pendidik, dimana jumlah PNS kita ada 43 orang, guru tidak tetap 42 orang, totalnya 85 orang. Berarti antara ASN dan non ASN itu 50%-50%, dan ini adalah yang ada di SMAN 2 Bandar Lampung yang merupakan barometer SMAN yang ada di Provinsi Lampung. Sementara untuk peserta didik yang ada di SMAN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2022-2023 berjumlah 1.078 siswa,” imbuh Hendra.

Sementara posisi prestasi siswa SMAN 2 Bandar Lampung tahun 2023 juga disampaikan oleh Hendra Putra masih cukup bagus.

“Yang diterima melalui jalur undangan sebanyak 71 siswa, kemudian yang melalui tes sebanyak 106 siswa, sementara yang melalui jalur mandiri belum terdeteksi. Sementara itu tahun ini sudah ada yang diterima di IPDN, poltekim, STAN, Akpol, dan kita masih bersyukur bahwa SMAN 2 Bandar Lampung masih memiliki kualitas yang bagus, itu terbukti anak-anak kita yang diterima di UGM masih cukup banyak yakni 12 orang, ITB 8 orang, Undip dan seterusnya.” Papar Hendra.

Ditempat yang sama, Ketua komite SMAN 2 Bandar Lampung Irjen Pol (Purn) DR Hi Ike Edwin S.IK., S.H., M.H., M.M., atau yang akrab disapa Dang Ike menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah terutama para pendidik dengan apa yang telah dicapai selama satu tahun ini.

“Saya selaku Ketua Komite SMAN 2 Bandar Lampung ini merasa bangga sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ada di SMAN 2 Bandar Lampung ini, terutama para pendidik atau dewan guru yang walaupun banyak kendala, kekurangan disana-sini namun masih bisa melaksanakan berbagai program kegiatan yang telah dirancang oleh sekolah dengan baik, sehingga mutu dan kualitas SMAN 2 Bandar Lampung ini masih yang terbaik,” ujar Dang Ike.

Selain itu menurut Dang Ike, komite sekolah akan terus mendukung program-program maupun terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah.

“Pada prinsipnya kami selaku komite sekolah akan terus mendukung apa yang menjadi program, terobosan maupun inovasi yang dilakukan oleh pihak sekolah demi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 2 Bandar Lampung,” kata Dang Ike.

Dang Ike juga berpesan kepada pihak sekolah, agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 2 Bandar Lampung.

“SMAN 2 Bandar Lampung ini adalah merupakan salah satu sekolah paforit yang ada di provinsi Lampung, untuk itu kami selaku komite sekolah berpesan agar apapun kendala, hambatannya, pihak sekolah dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik, menjaga kualitas pendidikan di SMAN 2 ini dengan baik, karena SMAN 2 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di propinsi Lampung dan terbukti banyak alumni dari SMAN 2 ini yang telah menjadi pejabat, baik sebagai ASN, TNI-POLRI maupun pengusaha dan politisi sukses.” Pungkasnya.

Kegiatan Rakor dengan agenda laporan pertanggungjawaban untuk tahun pelajaran 2022-2023 yang di pimpin oleh Kepala SMAN 2 Bandar Lampung tersebut berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,[red]

Editor hepi suhara

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458