Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Tegaskan Komitmen Leader Bisnis LNG Hub Asia 2030, Perta Arun Gas Terima Kunjungan Kerja Delegasi ASCOPE

buserdirgantara7
103
×

Tegaskan Komitmen Leader Bisnis LNG Hub Asia 2030, Perta Arun Gas Terima Kunjungan Kerja Delegasi ASCOPE

Sebarkan artikel ini
Img 20231209 Wa0115

Lhokseumawe, Buserdirgantara7com – Delegasi ASEAN Council on Petroleum (AS¬COPE) melaksanakan site visit ke salah satu afiliasi Subholding Gas yang merupakan Anak Perusahaan Pertamina Gas, Perta Arun Gas (PAG), Lhokseumawe, Jum’at (8/12/2023).

Diketahui, ASCOPE merupakan organisasi oil and gas company di ASEAN yang terafiliasi dengan organisasi ASEAN. Organisasi ini memiliki semangat mempererat kerjasama dari berbagai negara di ASEAN melalui tiga peran utama, yakni Oil & Gas Industry Hub, Initiatives Collaboration, dan Center of Knowledge Transfer.

Img 20231209 Wa0114Delegasi ASCOPE dari perwakilan Petronas Malaysia, PTT Thailand, dan SLNG Singapura serta tuan rumah Indonesia ini disambut langsung oleh Vice President Corporate Strategic Planning & Business Development PAG, Surkani Manan dan jajaran manajemen PAG.

Sukarni Manan dalam sambutannya menyampaikan kunjungan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk PAG. “Selain saling berbagi knowledge bisnis Perusahaan, kegiatan ini juga menjadi implementasi sinergi negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN,” ujarnya.

Img 20231209 Wa0113Dalam kesempatan itu Sukarni memaparkan profil bisnis dan overview PAG. “Kami berhasil melakukan pengapalan (reloading) gas alam cair (LNG) untuk pasar internasional. Saat ini gas bumi juga didatangkan dari Tangguh melalui Terminal Regasifikasi Arun. Fasilitas ini merupakan eks LNG Plant yang dikonversi menjadi fasilitas regasifikasi,” katanya.

Ditambahkan, kunjungan kerja ASCOPE ini merupakan wujud konsistensi PAG mencapai visi dan misi sebagai perusahaan regasifikasi dan LNG Hub kelas dunia, dengan berkontribusi memperkuat sektor energi ketahanan nasional. “Saat ini PAG sedang mengembangkan bisnis untuk menjadikan perusahaan regasifikasi ini sebagai One Stop Energy Infrastructure Solutions dan mampu menjadi leader LNG Hub di Asia di tahun 2030,” imbuh Sukarni.

Sementara itu perwakilan Holding yang juga merupakan anggota ASCOPE, Muhammad Taufik menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari PAG. “Kami berharap kegiatan ini menjadi sharing knowledge dan memperluas networking perwira PAG dan anggota ASCOPE yang hadir diantaranya Singapore LNG Corporation, Petronas Regas Terminal, dan PTT Thailand,” jelasnya.

Di akhir kegiatan delegasi ASCOPE didampingi manajemen PAG melakukan site visit ke fasilitas eksisting yang dimanfaatkan oleh PAG dalam menjalankan bisnis. Di antaranya Open Rack Vaporizer (ORV), Tank F-6004, jetty dan fasilitas PAG lainnya.  (Ridwan)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458