Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Tim Mabes Polri Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi SOT, EWS dan DORS di Hotel Fave Subang

buserdirgantara7
67
×

Tim Mabes Polri Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi SOT, EWS dan DORS di Hotel Fave Subang

Sebarkan artikel ini
Img 20231205 Wa0261

SUBANG, Buserdirgantara7com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik Institusi Polri, jajaran Polres Subang ikuti giat sosialisasi dan pelatihan terkait penggunaan aplikasi SOT, EWS, dan Dors Polri oleh Tim SOPS Mabes Polri dalam rangka Operasi Mantap Brata Lodaya Tahun 2023-2024, yang dilaksanakan di Aula Sawala Ageng Hotel Fave Subang, Kel.Karanganyar Kec/Kab.Subang, Selasa, 05 Desember 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Atas Arahan dan Petunjuk Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakapolres Subang Kompol Endar Supriyatna, S.Kom.,S.I.K., bersama Kabag Ops Polres Subang, Kabag Ops Polres Karawang, Kabag Ops Polres Purwakarta, Para Kasatgas OMB Lodaya 2023-2024 Polres Subang, Para Kasatgas OMB Lodaya 2023-2024 Polres Karawang, Para Kasatgas OMB Lodaya 2023-2024 Polres Purwakarta, Pers Perangkat Posko OMB Lodaya 2023-2024 Polres Subang, Pers Perangkat Posko OMB Lodaya 2023-2024 Polres Purwakarta, Pers Perangkat Posko OMB Lodaya 2023-2024 Polres Karawang, Para Operator Aplikasi DORS, EWS, dan SOT Polres Subang, Para Operator Aplikasi DORS, EWS, dan SOT Polres Purwakarta, Para Operator Aplikasi DORS, EWS, dan SOT Polres Karawang.

Img 20231205 Wa0264Sementara giat tersebut diselenggarakan oleh Tim SOPS Mabes Polri, Brigjen Pol Dr. H. Endi Sutendi, S.I.K., S.H., M.H. (KARODALOPS SOPS POLRI.), bersama Kombes Pol Ronald Reflie Rumondor, S.I.K., M.SI. (KABAG PULLAHJIANTA RODALOPS SOPS POLRI.), AKBP Ferry Sandy Sitepu, S.I.K., M.H., PEMBINA Basyari, M.SI., IPDA Nugroho Susanto, A.MD., dan Bripda M. Aulia Rahmawan

Sedangkan tim Ro OPS Polda Jabar diantaranya KOMBES POL Drs. Budi Wasono, M.H.( KAROOPS POLDA JABAR), AKBP Asep Pujiono, S.I.K., M.M. )KABAG BINOPS BIRO OPS POLDA JABAR), AKP Dewi Hotijah, S.Sos. (KASUBBAG PULLAHJIANTA BAG BINOPS BIRO OPS POLDA JABAR), PENDA I Iim Abdurahim, beserta BRIPKA Andreas Marpaung, BRIPTU Andi, dan BRIPTU Ramdhani.

Pengecekan dan Pelatihan Aplikasi SOT, EWS, dan Dors oleh Tim SOPS Polri kepada Para Operator Aplikasi DORS, EWS, dan SOT Polres Subang, Purwakarta, dan Karawang, di bagi menjadi 2 Sesi :
Sesi 1 : Pelatihan Aplikasi Dors Polri Sesi 2 : Pelatihan Apliaksi SOT dan EWS.

Dalam giat tersebut dijelaskan bahwa yang disebut dengan aplikask SOT, merupakan salah satu sistem yang dipelajari dalam pelatihan ini, guna memberikan kemampuan pengintegrasian berbagai aspek (out putnya mendatakan) operasional kepolisian, termasuk patroli, penanganan kejadian, dan pengelolaan sumber daya. Dengan SOT, aparat penegak hukum di Polres Subang, Purwakarta dan Karawang, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas tugas mereka serta memberikan respon yang cepat terhadap situasi yang memerlukan penanganan khusus.
Selain itu, pelatihan juga mencakup pemahaman dan penggunaan DORS.

DORS merupakan singkatan dari Daily Operation Reporting System, adalah aplikasi yang disediakan untuk digunakan sebagai media/platform untuk menginput data laporan/keluhan dari masyarakat. Menariknya, aplikasi ini terintegrasi langsung dengan server yang dimiliki Mabes Polri.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan aplikasi ini, kepolisian melakukan pelatihan yang membahas mengenai beberapa hal penting terkait aplikasi DORS seperti cara menerima laporan pengaduan dari masyarakat dan cara memasukkan/menginput laporan tersebut ke dalam aplikasi DORS.

Harapannya aplikasi ini dapat membantu anggota kepolisian dalam pembuatan laporan polisi (LP) dan juga harapannya dapat membantu melancarkan proses penanganan kasus.

EWS juga menjadi fokus pelatihan yang diikuti oleh Polres Subang, Purwakarta dan Karawang, Sistem peringatan dini ini memberikan kemampuan untuk mendeteksi dan memberikan informasi awal terkait potensi gangguan keamanan, seperti ancaman terorisme, kerusuhan massa, atau kejadian kriminal lainnya.

Dengan memanfaatkan EWS, jajaran Kepolisian diharapkan dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dan proaktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Waka Polres Subang Kompol Endar Supriyatna menyambut baik program supervisi dan pelatihan ini.  (Rd)