Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

13 Polisi Sabet 9 Medali di Karate Thailand Open, Diganjar Hadiah Kapolri

buserdirgantara7
101
×

13 Polisi Sabet 9 Medali di Karate Thailand Open, Diganjar Hadiah Kapolri

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 09 15 09 32 22 39

Jakarta ,—Dirgantara7.com // Sebanyak 13 anggota Polri di bawah naungan Karate Bhayangkara Presisi, terdiri dari 3 polisi wanita (polwan) dan 10 polisi laki-laki, menyabet 9 medali dalam Thailand Open Karate Championship 2023 di Rangsit University Sport Institution, Pathum Thani, Thailand.

Perolehan medali tersebut menempatkan Karate Bhayangkara Presisi di peringkat 4 dunia dalam ajang tersebut, di mana peringkat 1 hingga 3 diraih tuan rumah Thailand, Inkanas Jakarta Timur, dan Hong Kong.

Atas prestasi mereka, Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberikan hadiah berupa pembinaan karier di Polri kepada para juara. Sigit memberi apresiasi pada anggotanya yang dinilai telah mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga karate.

“Penghargaan akan diberikan sesuai dengan prestasinya, dan akan diserahkan langsung oleh Kapolri saat Rakorbin SDM 2023.

Mekanisme pemberian penghargaan disesuaikan dengan prosedur yang berlaku,” ujar Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM Kapolri) sekaligus Sekjen Inkanas, Irjen Dedi Prasetyo, saat bertemu para atlet dari Tim Karate Bhayangkara Presisi, Jakarta, Kamis (14/9/23).

Tercatat 13 polisi tersebut menyabet dua medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu. Pembinaan para anggota Polri yang juga atlet karate ini, jelas Dedi, menjadi salah satu fokus pihaknya.

“Kami mendukung dan memfasilitasi kompetisi yang akan diikuti oleh atlet-atlet personel Polri. Terkait kompetisi internasional yang akan diikuti, agar dikomunikasikan sebelumnya agar bisa dipersiapkan dan didukung secara optimal oleh SSDM,” tegas Dedi.

Kejuaraan internasional ini diikuti 18 negara dan 754 peserta. Tim Karate Bhayangkara Presisi sendiri menurunkan 3 regu andalannya. Dedi menerangkan bakat atau talenta lainnya yang dimiliki anggota Polri juga akan terus diasah, serta diharapkan menjadi motivasi bagi personel lainnya.

Manager tim Karate Bhayangkara Presisi, Profesor Hermawan Sulistyo, menerangkan medali emas pertama dipersembahkan Bripda Bagus Yuda Dwi Maulana di nomor kumite -67 Putra. Anggota Direktorat Samapta Polda Jawa Timur (Jatim) mengalahkan atlet tuan rumah, Worakrit Chanchang, dengan skor 11-6.

Capaian Bripda Bagus juga diraih Ipda Nora Septiana di nomor Kumite -68 kg putri. Polwan dari Satuan Wanteror Gegana Korbrimob Polri mengalahkan karateka andalan tuan rumah, Namkhao Penpisut, dengan skor 4-2 dan berhasil menyabet medali emas.

“Ini adalah bukti sukses rekrutmen anggota Polri melalui program pemanduan bakat Rekpro Polri, yang dipadukan dengan pelatihan dari pelatih-pelatih hebat di negeri ini seperti Mursalim Bado’o, Tebing Hutapea, Danny Franky Nelson dan I Putu Deddy Mahardika,” ujar Hermawan Sulistyo.

Hermawan optimis Tim Karate Bhayangkara Presisi akan kembali menorehkan prestasi untuk bangsa di Pesta Olahraga Kepolisian Dunia cabang olahraga karate yang akan diselenggarakan di New York, Amerika Serikat pada 2025 mendatang.

Berikut daftar para atlet yang memenangkan kejuaraan:

Medali Emas
– Ipda Nora Septiana, S.Tr.K. (Kumite -68Kg Senior Putri)

– Bripda Yudha Dwi Maulana (Kumite -67Kg Senior Putra)

Medali Perak
– Bripda Dicky Martuah Sipayung (Kumite Beregu Senior Putra)

– Bripda Muhammad Gibran (Kumite Beregu Senior Putra)

– Bripda Mohammad Fadillah (Kumite Beregu Senior Putra)

– Bripda Bagus Yudha Dwi Maulana (Kumite Beregu Senior Putra)

– Bripda Rif’an (Kumiter Beregu Senior Putra)

– Bripda Timothy Octo Roberto Karly (Kumite Beregu Senior Putra)

– Bripda Dino Henry Tutu (Kumite Beregu Senior Putra)

– Ipda Nora Septiana, S.Tr.K. (Kumite Beregu Senior Putri)

– Briptu Ni Made Nada Dwimayanti (Kumite Beregu Putri)

-Bripda Masita Zahwa Purwanto (Kumite Beregu Putri)

– Bripda Ashar Al Annas (Kata Beregu Senior Putra)

– Bripda Faisal Herwind(Kata Beregu Senior Putra)

– Bripda Arnoldus Dewa Dare Ofong

Medali Perunggu
– Bripda Muhammad Gibran (Kumite -75Kg Senior Putra)

– Bripda Mohammad Fadillah (Kumite -84Kg Senior Putra)

– Briptu Ni Made Nada Dwimayanti (Kumite +68Kg Senior Putri)

– Bripda Masita Zahwa Purwanto (Kumite -55Kg Putri Senior)

(Red)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458