Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Buka Rakor Tiga Pilar, Budiman : Daerah Ini Kondusif Karena Kita Peduli dan Bersinergi

buserdirgantara7
50
×

Buka Rakor Tiga Pilar, Budiman : Daerah Ini Kondusif Karena Kita Peduli dan Bersinergi

Sebarkan artikel ini
Img 20231205 Wa0249

Luwu timur,–Dirgantara7.com // Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Rapat Koordinasi Tiga Pilar dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru serta mendukung Sukses Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lutim, Selasa (05/12/2023).

Img 20231205 Wa0250

Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lutim ini, turut pula diikuti perwakilan unsur Forkopimda Lutim, jajaran Pemkab Lutim, Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Lutim, Camat, kapolsek, Danramil, Lurah, Kepala Desa, Babinsa, Babhinkantibmas se – Kabupaten Luwu Timur, perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Luwu Timur.

Dalam arahannya, Bupati Budiman menyampaikan, terciptanya situasi dan kondisi daerah yang selalu kondusif dikarenakan kita semua peduli dan selalu bersinergi antara seluruh jajaran aparatur pemerintah, bersama dengan Forkopimda, jajaran POLRI/TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, LSM dan pers.

Budiman juga menyampaikan bahwa, saat ini arus informasi dan globalisasi semakin deras, jadi sekarang ini tantangan kita ialah belum sempat kita bergerak tapi informasi sudah sampai, karena semua sudah berada digenggaman dan itu kita sadar betul sehingga ini menjadi tantangan tersendiri didalam menghadapi beberapa event.

“Terutama event pemilu yang tidak lama lagi, dimana pemilu itu berdekatan dengan Luwu Timur jadi tuan rumah Hari Perjuangan Rakyat Luwu (HPRL), ini tentu menjadi PR besar, kenapa? karena penyelenggaranya adalah sebagian besar PNS sehingga diharapkan netralitasnya harus tetap di jaga,” imbuhnya.

Terakhir, orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini berharap kepada para kepala desa yang sangat dekat dengan masyarakat agar bisa menjaga daerah ini.

“Itulah sebabnya mobil-mobil Pemda tidak lagi pasang foto-foto saya, supaya adem, situasinya dingin, sehingga kita berharap hasil pemilihan kita mendapatkan pemimpin yang terbaik bagi negeri ini sehingga kita tidak perlu menyebar HOAX, dan menyebar ujaran kebencian, mari kita jaga itu semua,” tuturnya

“Kita sudah punya pengalaman bahwa 20 tahun kita bisa jaga daerah ini, 78 tahun kita bisa jaga bersama-sama republik ini. Ini tentu menjadi kekuatan kita semua, karena semua hadir disini, ini memberikan bukti bahwa kami hadir disini karena ingin menjaga daerah ini, itulah poin kita hadir disini,” tegas Bupati Luwu Timur.

Kepala Kesbangpol Lutim, Guntur Hafid menjelaskan, tujuan rakor ini dalam rangka menghadapi natal, tahun baru serta mendukung sukses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 maka diperlukan dukungan dan peran serta semua pihak termasuk unsur pemerintahan baik dari pusat, provinsi, daerah maupun pada tingkat pemerintahan dibawah yaitu para Lurah, Kepala Desa, bersama dengan dari unsur TNI/Polri yakni Babinsa dan Babhinkantibmas yang biasa disebut dengan 3 pilar di desa.

“3 pilar di desa dalam meningkatkan kewaspadaan dini di daerah yakni pendeteksian dan cegah dini sebagai upaya ataupun tindakan untuk menangkal segala potensi, ancaman tantangan, hambatan, dan gangguan sehingga penyelenggaraan natal, tahun baru dan pemilu 2024 berjalan aman, damai, tertib dan lancar,” jelas Guntur.

Acara Rapat Koordinasi Tiga Pilar ini ditutup dengan penyampaian arahan dan materi dari masing perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Luwu Timur yang dimulai dari Wakapolres Lutim, Kompol Syamsul, Jaksa Fungsional Kajari Lutim, Vanny Ritasari, Pabung, Mayor CBA. Bachtiar, Komisioner KPU Lutim, Ilhamuddin Alkadry, Ketua Bawaslu Lutim, Pawennari. (rhj/ikp-humas/kominfo-MuhJuari )