Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Pendidikan

Bunda PAUD Tapsel Ajak Masyarakat Untuk Tingkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Mengonsumsi Ikan

buserdirgantara7
83
×

Bunda PAUD Tapsel Ajak Masyarakat Untuk Tingkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Mengonsumsi Ikan

Sebarkan artikel ini
Img 20231214 Wa0107

Tapanuli Selatan (Sumut) – Buser Dirgantara 7com.- Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan terutama bagi anak-anak Paud.

Hal itu disampaikan Rosalina saat membuka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) bagi anak-anak Paud di Aula Paud Mandiri, Desa Palsabolas, Kecamatan Angkola Timur, Rabu (13/12).

“GEMARIKAN merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2004, dengan tujuan mengkampanyekan pentingnya mengonsumsi ikan sejak dini karena kandungan gizinya yang tinggi,” ujar Rosalina.

Lebih lanjut Rosalina menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ikan. Rosalina menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan Omega-3, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak, terutama pada anak-anak, jelas Rosalina.

Disamping itu, Ikan memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar, khususnya dalam pembentukan otak anak. Dengan demikian, diharapkan tercipta generasi yang sehat, cerdas, dan ceria di Kabupaten Tapanuli Selatan, ujarnya.

Kemudian Rosalina mengajak kepada orang tua yang hadir di acara sosialisasi ini untuk mendukung program ini dengan mengajarkan anak-anaknya untuk gemar makan ikan sejak dini. Ia menekankan bahwa mengonsumsi ikan sejak dini dapat mencegah stunting dan memberikan nutrisi tinggi bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

“Mari sama-sama kita sukseskan GEMARIKAN dengan cara membuat makanan yang bervariasi untuk anak-anak kita, yang mana tujuan utamanya adalah mengenalkan langsung kepada anak-anak mengenai pentingnya dan kelezatan makanan ikan. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat belajar dan menyukai makanan ikan sejak usia dini,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan Tapsel Saiful AP Nasution dalam laporannya menjelaskan, adapun sasaran kegiatan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yakni, 300 anak Paud se-Tapsel yang dilaksanakan di 4 lokasi berbeda, 3 diantaranya sudah selesai dilaksanakan sosialisasi ini.

Dengan kegiatan ini dapat menaikkan angka konsumsi makan ikan khususnya di Kabupaten Tapsel dan kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan terhadap visi misi Bupati Tapanuli Selatan yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera.

Disisi lain Camat Angkola Timur Cos Riady Siregar mengucapkan terima kasih dan siap mendukung program Gemarikan oleh Pemkab Tapsel dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di seluruh PAUD wilayah Kabupaten Tapsel khususnya di Kecamatan Angkola Timur.

(Galung)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458