Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Serah Terima Jabatan Pimpinan Korps dan Pelantikan Senat Taruna Akademi Militer

buserdirgantara7
104
×

Serah Terima Jabatan Pimpinan Korps dan Pelantikan Senat Taruna Akademi Militer

Sebarkan artikel ini
Img 20230718 Wa0345

Magelang, Buserdirgantara7com –Gubernur Akademi Militer, Mayjen TNI Erwin Djatniko, S.Sos, menjadi Inspektur Upacara dalam serah terima jabatan Pimpinan Korps Taruna dan Pelantikan Senat serta laporan pemberangkatan dinas cuti kenaikan tingkat Taruna Akademi Militer tingkat II, III dan IV TP 2022/2023. Acara ini diadakan di Lapangan Pancasila pada hari Jumat (14/07/2023).

IMG-20230718-WA0342

Dalam upacara yang penuh hikmat, pejabat Danmenkorpstar yang lama Sermatutar Muhammad Afreza Nurfaizi No. AK 2020.016, beserta jajarannya menyerahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang diemban kepada Danmenkorpstar yang baru, Sermadatar Muhammad Qodri Al A’raf No. AK 2021. 095 beserta jajarannya.

Dalam amanatnya, Gubernur Akademi Militer menyampaikan pentingnya memahami tradisi serah terima jabatan, termasuk penyerahan Sempana dan Lambang di Resimen Korps Taruna ini. Tugas wewenang dan tanggung jawab jabatan Kelompok Komando (Pokdo) Korps kini menjadi tanggung jawab Taruna tingkat III/Sermadatar yang menjabat sebagai Kelompok Komando (Pokdo) Korps. Tripola Dasar merupakan pertimbangan utama dalam pemilihan jabatan Kelompok Komando Resimen, Batalyon dan Kompi. Khusus Jabatan Komandan Peleton akan dilaksanakan pergantian secara periodik, untuk memberikan pembelajaran bagi Taruna, mengingat para Taruna nantinya akan menjadi seorang perwira dengan jabatan Komandan Peleton atau jabatan setingkat.

Gubernur Akademi Militer menekankan, bahwa pemimpin tidak hanya memberikan perintah dan menindak, tetapi juga harus bisa memberikan arahan yang benar dan selalu Introspeksi terhadap langkah yang sudah diambil. Amanah yang diberikan, harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan strata jabatan yang diemban serta harus mampu menjadi suri tauladan bagi seluruh Taruna/Taruni yang dipimpinnya. Pembentukan karakter selain akhlak yang paling utama adalah loyalitas. Hal ini penting, karena saat menjadi perwira, loyalitas akan menjadi faktor pembentuk soliditas yang tidak dapat dipecah oleh siapapun.

Diakhir amanat Gubernur Akademi Militer mengingatkan, agar para Taruna/Taruni hendaknya melaksanakan cuti semester ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan mempedomani aturan yang berlaku dalam Perduptar dan Perkhustar. kembali cuti dalam keadaan aman, selamat dan sehat.

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458