Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Polisi

Tim Jibom Polda Jabar Lakukan Sterilisasi Gereja di Garut

buserdirgantara7
70
×

Tim Jibom Polda Jabar Lakukan Sterilisasi Gereja di Garut

Sebarkan artikel ini
Img 20231225 Wa0088

Garut |Untuk memberikan rasa aman bagi umat kristiani pada saat perayaan hari Natal 2023, jajaran Polres Garut bersama Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi pengamanan di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Garut.

 

Hal tersebut di sampaikan oleh Kapolres Garut AKBP Romah Yonky Dilatha melalui Kabag Ops AKP Maolana mengatakan sterilisasi di laksanakan di 6 Gereja yang ada di Kecamatan Garut Kota. Minggu (24/12/2023).

 

Maolana mengatakan, personel gabungan dari Polres Garut dan Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi gereja untuk menjamin keamanan dari para jemaah saat hendak menggelar perayaan malam misa Natal di Minggu malam, 24 Desember 2023 dan perayaan Hari Natal di Senin pagi pada 25 Desember 2023 besok.

 

“Jadi siang ini kami dari jajaran Kepolisian bersama tim Jibom Polda Jabar, hanya melakukan sterilisasi tempat peribadatan. Setelah dinyatakan steril, nantinya kami akan menempatkan sejumlah personel gabungan bersenjata lengkap untuk melakukan tugas pengamanan kepada para jemaah yang akan melaksanakan perayaan malam misa Natal dan perayaan Natal 2023,”ungkap Maolana.

 

Sejumlah anggota Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar ini melakukan penyisiran ke setiap ruangan di gereja hingga memeriksa kursi-kursi jemaah secara detail dengan menggunakan sejumlah peralatan penjinak bom seperti halnya alat deteksi mirror dan alat deteksi metal detector.

 

Penyisirannya juga menggunakan peralatan penjinak bom yang mutakhir seperti halnya peralatan yang dinamakan Rad Eye PRD (Personal Radiation Detector) hingga peralatan Carber-T, sebuah alat milik tim Jibom Polda Jabar yang di gunakan untuk mendeteksi bahan peledak.

 

“Untuk memberikan rasa aman, nyaman dan ketenangan bagi masyarakat Garut yang hendak melakukan ibadah malam Misa Natal dan perayaan hari Natal, kami pihak kepolisian dari Polres Garut bersama Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan kegiatan sterilisasi disejumlah tempat diseluruh wilayah di Kabupaten Garut yang akan di jadikan sebagai tempat beribadah umat kristiani dalam merayakan perayaan hari Natal 2023 ini,” ungkap Maolana.

 

Menurutnya, kegiatan sterilisasi yang di lakukan oleh pihak kepolisian di sejumlah tempat peribadatan umat kristiani, juga untuk mengantisipasi adanya ancaman aksi terorisme pada saat berlangsungnya perayaan Hari Natal 2023 di Kabupaten Garut.

 

“Kami dari pihak kepolisian akan mengawal semua rangkaian peribadatan, agar para jemaah bisa khusyuk dalam melaksanakan ibadahnya,” Pungkas Maolana.

(Ahmad deni)